Trading Options: Manfaat Dan Risiko Bagi Investor

Trading Options: Manfaat dan Risiko Bagi Investor

DapurInvestasi.com – Halo sobat dapurinvestasi, pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Perdagangan Opsi: Manfaat dan Risiko Bagi Investor. Trading Options sangat umum di kalangan trading harian. Namun, Anda harus sepenuhnya memahami risikonya, serta manfaatnya sebelum terjun.

trading veteran biasanya tidak menyukai kontrak atau opsi satu sama lain tetapi lebih suka menggunakan keduanya.

Tentu saja, itu akan tergantung pada situasinya karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tetapi Anda masih akan menemukan beberapa trading yang akan fokus pada salah satu dari mereka.

Lebih baik untuk sepenuhnya memahami karakteristik masing-masing sebelum Anda memutuskan cara berdagang. Setelah Anda selesai melakukannya, sisanya hanyalah masalah penggunaan strategi yang menurut Anda akan lebih dapat diterapkan saat ini.

Ilustrasi Trading Options by Google Image

Apa Itu Opsi?

Definisi teknis dari opsi saham adalah bahwa itu adalah kesepakatan antara dua pihak di mana satu (penjual atau penulis), memberikan yang lain (pemegang atau pembeli), hak istimewa dalam transaksi saham tertentu. Pada dasarnya, pembeli membeli hak istimewa atau hak untuk membeli atau menjual saham dengan harga yang telah disepakati sebelumnya dalam periode atau tanggal tertentu.

Opsi saham termasuk dalam kategori derivatif yang berarti bahwa harganya berasal dari keamanan, seringkali merupakan saham yang mendasarinya. Mereka populer bagi perusahaan dan investor karena dua tujuan utama: untuk lindung nilai dan untuk berspekulasi. Spekulan lebih suka membeli opsi karena terkadang menawarkan peluang untuk pengembalian yang jauh lebih tinggi – bahkan mengungguli keamanan yang mereka peroleh.

Aset yang mendasari bisa datang dalam berbagai bentuk seperti saham, indeks saham, komoditas, logam mulia, valuta asing, dll.

Opsi – Apa Artinya? (Contoh)

Pembeli dapat membeli opsi saham atas saham Perusahaan A dengan harga kesepakatan $15 dengan tanggal kedaluwarsa 24 Agustus. Ini memberi pembeli hak (tetapi bukan kewajiban) untuk membeli saham Perusahaan A seharga $15 per saham pada atau sebelum 24 Agustus. Setelah tanggal tersebut, hak istimewa tersebut hilang.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang berbagai jenis opsi, kelebihannya, dan informasi berharga lainnya.

Ilustrasi Trading Options by Google Image

Jenis Opsi: Puts and Calls

  • Opsi Panggilan. Ini adalah kontrak yang menjamin hak pemegang untuk membeli saham pada harga tertentu pada tanggal tertentu. Dalam hal harga saham tidak memenuhi harapan pemegang sebelum tanggal berakhirnya kontrak, tidak ada kewajiban untuk membelinya.
  • Letakkan Opsi. Ini adalah kontrak yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk menjual saham pada harga yang telah ditentukan pada tanggal tertentu. Berdasarkan kontrak, penjual harus menjual saham dengan harga yang disepakati. Anda mungkin memperhatikan bahwa opsi tidak membawa risiko yang sama. Seorang penulis (penjual) menanggung risiko yang berbeda dari pemegang (pembeli).
  • Pemegang. Jika Anda membeli call atau put option, pada prinsipnya Anda membeli hak untuk membeli atau menjual saham pada harga tertentu. Potensi untuk menghasilkan keuntungan sepenuhnya tergantung pada perbedaan antara harga saham. Jika Anda membeli opsi panggilan, Anda juga mendapatkan potensi keuntungan yang tidak terbatas, tetapi potensi kerugiannya adalah premi yang akan Anda keluarkan.
  • Penulis. Jika Anda menjual call atau put option, Anda terutama menjual hak untuk membeli atau menjual kepada orang lain. Potensi upside adalah premi untuk opsi yang akan Anda dapatkan dari pembeli opsi. Namun, ia datang dengan risiko penurunan tak terbatas.

Untuk membuatnya lebih sederhana, jika Anda membeli opsi, potensi kerugian Anda adalah nilai preminya. Jika Anda menjual panggilan, itu datang dengan potensi penurunan yang tidak terbatas. Jika Anda menjual put, potensi downside sama dengan nilai saham.

Apakah Trading Options Lebih Baik daripada Saham?

Meskipun saham menarik bagi investor pemula dan investor jangka panjang, Trading Options menarik bagi trading aktif yang mencari fleksibilitas yang lebih besar. Jangka waktu terkait untuk opsi lebih pendek dan dapat berkisar dari beberapa hari hingga bulan, menjadikannya ideal bagi investor yang membeli dan menjual secara teratur. Namun, opsi cenderung lebih berisiko daripada saham, dan mungkin tidak ideal untuk investor pemula.

Di sisi lain, saham adalah pilihan yang baik karena mereka kurang berisiko daripada opsi, dan mereka cenderung memiliki biaya yang lebih rendah dan memungkinkan pendekatan investasi lepas tangan. Meskipun tidak ada jaminan Anda akan mendapatkan keuntungan dengan saham, pasar saham terus terbukti menjadi investasi jangka panjang yang stabil.

Persentase orang Amerika yang berinvestasi di saham tetap stabil sejak 1999, menurut laporan Gallup. Pada tahun 2020, hanya 55% orang Amerika yang berinvestasi di saham, yaitu 10% lebih rendah dari pangsa orang Amerika yang memegang saham pada tahun 2007. Setelah depresi hebat, persentasenya turun menjadi 54% pada tahun 2011, dan 52% pada tahun 2013. Tingkat belum meningkat melebihi 55% dalam beberapa tahun terakhir.

Ilustrasi Trading Options by Google Image

Trading Options – Risiko

Berikut adalah risiko utama yang harus diperhatikan investor:

Kerugian Tinggi

Jangan lupa bahwa opsi adalah investasi dengan leverage tinggi, jadi perkirakan harganya akan bergerak sangat cepat. Tidak seperti saham, Anda dapat melihat harga opsi bergerak dalam jumlah besar dalam hitungan menit atau detik, bukan jam atau hari biasa seperti di saham.

Mari kita lihat contohnya:

Katakanlah sebuah saham saat ini diperdagangkan pada $15/saham dan Anda ingin membeli 1.000 saham. Ini berarti Anda membutuhkan $15.000 untuk membelinya. Namun, jika Anda memiliki $15.000, tetapi Anda membeli opsi untuk 1.000 saham yang sama dengan harga $2 per kontrak, Anda dapat mengalikan jumlah saham yang bisa Anda peroleh.

Karena setiap kontrak memberi Anda hak untuk membeli 100 saham, $15.000 Anda memberi Anda opsi untuk membeli 7.500 saham. Untuk jumlah yang sama sebesar $15.000, Anda bisa mendapatkan kendali atas 7.500 saham alih-alih 1.000 saham.

Sekarang, mari kita beralih ke 2 skenario:

  • Harga saham perusahaan naik menjadi $20
    • Jika Anda memilih opsi pertama, Anda akan memiliki 1.000 saham dengan jumlah total $20.000. Ini memberi Anda total keuntungan ($20.000-$15.000) $5.000.
    • Pada opsi kedua, Anda sekarang memiliki 7.500 saham dengan nilai total $150.000. Karena Anda telah membayar $15.000 untuk membeli opsi, Anda akan membayar $112.500 untuk membeli saham (masing-masing 7.500 saham seharga $15) atau $127.500. Total keuntungan Anda dalam kasus ini adalah ($150.000-127.500) $22.500.
  • Harga saham perusahaan turun menjadi $10 (sebelum opsi kedaluwarsa)
    • Pada opsi pertama, Anda akan mendapatkan 1.000 saham dengan total nilai saat ini sebesar $10.000. Total kerugian Anda adalah $5.000 ($10.000 – $15.000).
    • Pada kasus kedua, Anda tidak akan menggunakan opsi, artinya Anda tidak akan membeli saham karena harga saat ini ($10) lebih rendah dari opsi yang Anda miliki untuk membelinya ($15). Total kerugian Anda akan menjadi $15.000 atau sama dengan jumlah yang Anda bayarkan untuk opsi tersebut.

Dengan faktor-faktor seperti waktu hingga kadaluarsa dan hubungan harga saham dengan harga saham opsi, bahkan pergerakan kecil dalam stok dapat sangat mempengaruhi pergerakan opsi yang mendasarinya.

Jika gerakan itu melawan Anda, itu bisa menyebabkan kerugian besar dalam rentang waktu yang sangat singkat.

Rumit Untuk Pemula

Untuk memulainya, tidak ada yang sederhana tentang Trading Options – ini adalah arena yang sangat kompleks. Pertama, seorang investor harus mengamati perdagangan secara konsisten saat melewati naik turunnya pasar hanya untuk mencari peluang potensial untuk menghasilkan keuntungan.

Ini dan aktivitas serupa lainnya bukan untuk pemula yang tidak dapat melakukan analisis teknis yang cermat dalam opsi perdagangan seefisien trading profesional yang terampil. Mereka harus terbiasa dengan begitu banyak strategi untuk beradaptasi – dan membiasakannya membutuhkan waktu. Oleh karena itu, trading pemula harus berhati-hati terhadap banyak hal seperti volatilitas pasar.

Persyaratan Industri

Ini bukan sesuatu yang bisa Anda lakukan dan lakukan sesuka Anda. Ini dimulai dengan mengajukan persetujuan melalui broker Anda. Pialang Anda akan mengajukan serangkaian pertanyaan tentang kapasitas keuangan Anda, pengalaman berinvestasi, dan Anda memahami risiko alami dari Trading Options.

Ketika broker Anda melihat bahwa Anda sudah siap, dia akan memberi Anda tingkat perdagangan yang menentukan jenis Trading Options apa yang dapat Anda masuki. Anda juga harus menyimpan minimal $4,000 di akun pialang Anda sesuai kebutuhan industri. Anda harus mempertimbangkan semua persyaratan ini.

Jangka Waktu Terbatas Untuk Sukses

Mari kita hadapi itu: tanpa peluang bagus yang datang, opsi berjangka adalah aset yang sia-sia. Jika Anda seorang investor opsi, Anda akan terus mencari untuk memanfaatkan pergerakan harga jangka pendek yang menguntungkan Anda.

Namun, itu harus dilakukan dalam beberapa hari, minggu atau bulan agar perdagangan atau kontrak terbayar. Ini berarti bahwa nilai opsi Anda terkikis seiring berlalunya hari. Erosi ini semakin cepat saat mendekati tanggal kedaluwarsa.

Anda dapat mengalami beberapa peristiwa yang membuat frustrasi menunggu kesempatan yang tepat bahkan ketika Anda telah memposisikan diri Anda di arah perdagangan yang benar. Ini bisa terjadi ketika pasar tidak bergerak cukup jauh bagi Anda untuk menghasilkan keuntungan yang menyebabkan opsi Anda kedaluwarsa tanpa nilai.

Ilustrasi Trading Options by Google Image

Opsi Perdagangan – Manfaat

Sangat mudah untuk melihat daya tarik bahwa perdagangan saham memiliki begitu banyak investor dan trading. Trading Options, juga, memiliki banyak keuntungan yang juga membuatnya menarik bagi calon investor.

Spekulasi

Mungkin daya tarik terbesarnya adalah potensi menghasilkan uang hanya dengan melakukan aktivitas tanpa benar-benar perlu memiliki sejumlah besar uang. Ini membuatnya ideal untuk investor pemula dengan modal kecil dan mudah masuk bagi mereka yang memiliki dana lebih besar untuk berdagang.

Potensi keuntungan besar dari investasi kecil berasal dari penggunaan leverage. Ini berarti Anda dapat memaksimalkan penggunaan leverage untuk memperoleh lebih banyak kekuatan perdagangan dari modal kecil untuk mengoptimalkan pengembalian Anda.

Lindung Nilai

Ada trader yang ingin menghasilkan uang dari fluktuasi harga jangka pendek dan menengah dan biasanya menahan beberapa posisi terbuka setiap saat. Bagi mereka, lindung nilai merupakan sarana yang sangat baik untuk mengelola risiko.

Misalnya, seseorang mungkin memilih untuk mengambil posisi spekulatif yang mungkin memberinya pengembalian tinggi tetapi juga potensi kerugian yang tinggi. Namun, jika trading ingin mengurangi risikonya, ia dapat melepaskan sebagian dari potensi kerugiannya dengan melakukan lindung nilai posisi dengan investasi atau perdagangan lain.

Strategi ini memungkinkan trading untuk dapat menggunakan satu posisi untuk mengimbangi kerugian apa pun yang mungkin didapat oleh posisi lain. Jika posisi semula menghasilkan banyak keuntungan, itu dapat dengan mudah menutupi biaya lindung nilai dan masih memiliki sisa keuntungan. Jika posisi awal berakhir dengan kerugian, trader dapat memulihkan setidaknya sebagian (jika tidak semua) kerugian tersebut.

Fleksibilitas

Trading Options dapat memberikan lebih banyak fleksibilitas dan keserbagunaan kepada investor karena ada lebih banyak peluang yang tersedia terlepas dari kondisi pasar. Mereka dapat membeli dan menjual opsi berdasarkan berbagai macam aset dasar.

Trader dapat berspekulasi tentang pergerakan harga saham serta pergerakan harga opsi investasi lainnya seperti indeks, komoditas, dan mata uang asing. Anda dapat melihat dari sini bahwa setiap investor yang tertarik akan memiliki banyak prospek bagus untuk perdagangan yang menjanjikan dan menguntungkan.

Mungkin Anda memiliki kemampuan untuk memprediksi dengan cermat perubahan di pasar valuta asing ditambah pengetahuan yang sangat diperlukan tentang industri tertentu. Keterampilan memprediksi Anda bisa berharga di pasar valas untuk memperdagangkan opsi dalam mata uang asing dan pengetahuan industri Anda dapat membantu Anda saat Anda memperdagangkan opsi pada saham yang relevan. Ada peluang tak terbatas untuk menemukan perdagangan yang cocok untuk Anda sendiri.

Juga tidak ada kekurangan pada kisaran strategi perdagangan aktual yang dapat Anda gunakan. Untuk menyebutkan satu, spread memberikan fleksibilitas sejati dalam cara Anda berdagang. Aplikasinya sangat luas: gunakan untuk membatasi risiko mengambil posisi, mengurangi biaya di muka untuk mengambil posisi itu, atau mencoba mengambil untung dari pergerakan harga di beberapa arah. Spread membawa keserbagunaan sejati.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Perdagangan Opsi: Manfaat dan Risiko Bagi Investor. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk sobat setia dapurinvestasi.com Terima kasih.

Gallery for Trading Options: Manfaat dan Risiko Bagi Investor